RSS

Lets Speak Korean :)

31 Jul

Annyeong haseyo yeoroboon

Mau sharing sedikit mengenai tata cara berbicara korea. Udah beberapa buku yang saya baca tentang tata bahasa maupun kecakapan berbahasa korea sehari-hari. Dan akhirnya saya menemukan sebuah buku yang cukup membantu karya Setiawan Agung Pamungkas khususnya bagi teman-teman yang ingin bisa berbahasa korea, ya lebih khusus lagi jika teman-teman masih seorang pemula seperti saya.

Sebenarnya udah beberapa tahun sih suka korea, kira-kira udah tujuh tahunan hehe (suka korea dari kelas 1 smp), tapi baru punya keinginan untuk memdalami tentang korea baru tiga tahun belakangan ini dan akhirnya alhamdulilah sejak satu tahun yang lalu saya bisa membaca dan menulis hangul (huruf korea), dan sekarang ini saya lagi belajar supaya bisa berbicara korea dengan lancar hihi.

Oke langsung saya mulai aja pembahasannya ya…

Simple saja, ternyata dalam tata bahasa korea ada hal yang sangat penting yaitu untuk sebuah kata kerja atau verba selalu disisipkan diakhir kalimat/kata. Sedangkan untuk subjek maupun objek bisa diletakkan dimana saja sebelum kata kerja pastinya, maksud saya objek bisa diletakkan di depan maupun dibelakang subjek, begitu pun sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya saya akan menguraikan lebih rinci ^^;

Dasar-dasar Tata Bahasa Korea

Yang saya akan bahas dibawah ini adalah bagaimana untuk membuat sebuah kalimat sederhana dalam bahasa korea, dan supaya kita dapat memahaminya dengan baik terlebih dahulu ada beberapa prinsip dasar yang harus kita ketahui.

a. Prinsip Dasar

Ada 3 prinsip dasar yang mempengaruhi pola perubahan kata kerja dalam pembentukan kalimat sederhana dalam bahasa korea, yaitu :

1. Penghilangan subjek dan atau objek. Dalam percakapan bahasa korea, seringkali subjek dihilangkan, apabila konteksnya jelas siapa kah yang dimaksud.

Contoh :

어디 사세요? (oedi saseyo?)

Tinggal dimana?

뭐하에요? (mwo haeyo?)

Sedang apa?

2. Susunan Kata. susunan kata dalam bahasa korea lebih fleksibel dibandingkan dengan susunan kata dalam bahasa inggris karena terdapat partikel-pertikel khusus yang menandakan fungsi masing-masing kata dalam sebuah kalimat. oleh karena itu, susunannya bisa dibolak-balik tanpa mengubah arti kalimat tersebut. Dan seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa kata kerja dalam bahasa korea diletakkan diakhir klausa atau diakhir kalimat.

Contoh :

고양이 생쥐를 체포허. (goyang-i saengjwi reul chepoheo)

Kucing menangkap tikus.

생쥐를고양이체포허. (saengjwi reul goyang-i chepoheo)

Tikus (di) tangkap kucing.

Kedua kalimat tersebut mempunyai arti yang sama karena pada masing-masing kata terdapat partikel yang menandai fungsi kata tersebut, yaitu partikel 이 (i) pada goyang (고양 이) yang berarti kucing menandakan kedudukan kata tersebut sebagai subjek kalimat, sedangakn partikel 를 (reul) pada saengjwi eul (생쥐 를) yang berarti tikus menandakan kata tersebut sebagai objek kalimat.

Note : Partikel penanda subjek yaitu i (이) jika subjek tersebut berakhiran huruf konsonan, sedangkan jika berkhiran huruf vokal maka partikel penanda subjek nya adalah ga (가). Kemudian partikel penanda objek adalah reul (를) jika objek tersebut berakhiran huruf vokal, dan eul (을) jika berakhiran huruf konsonan.

3. Tingkatan Kesopanan Berbicara. Ketika berbicara dalam bahasa korea, kita harus memperhatikan siapa yang kita ajak bicara, apa hubungannya dengan kita, umur, dan status sosialnya, untuk dapat menerapkan pilihan kata yang sopan dan tepat (yaa kayak bahasa sunda lah, ada bahasa kasar, loma, dan lemes kitu hehe). Dalam bahasa korea secara umum tingkatan kesopanan dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu : bentuk sopan formal, bentuk sopan informal, dan bentuk penghargaan/kehormatan(honorific).

a. Bentuk sopan formal : digunakan pada situasi formal dan umumnya digunakan ketika percakapan antar pria. Untuk membuat kalimat bentuk ini, maka kata kerja dalam kalimat harus ditambahkan akhiran mnida (ㅁ니다) jika kata kerja dasar pada kalimat tersebut berakhiran dengan huruf vokal. Sedangkan untuk kata kerja yang berakhiran huruf konsonan maka ditambahkan akhiran seumnida (슴니다) dan jika ingin membuat kalimat tanya, kita hanya tinggal mengubah akhiran da(다) menjadi kka? (까?).

b. Bentuk sopan formal : digunakan untuk percakapan sehari-hari, khususnya digunakan oleh wanita. Untuk membuat kalimat bentuk ini maka pada kata kerja sebuah kaliamt ditambahkan akhiran ayo (아요) apabila kata kerja tersebut berakhiran huruf a (아) atau o (오). Kata kerja yang berakhiran selain vokal a dan o maka ditambahkan akhiran eoyo (어요).

c. Bentuk penghargaan atau hinorific : digunakan ketika berbicara pada orang yang berkedudukan lebih tinggi seperti atasan, klien, tamu atau orang yang lebih tua atau yang dituakan dan bentuk ini tidak boleh digunakan ketika berbicara merujuk pada diri sendiri. Untuk membuat kalimat bentuk ini, tambahkan akhiran seyo (세요) jika kata kerja yang digunakan berakhiran huruf vokal dan menambahkan akhiran euseyo (으세요) jika kata kerja yang digunakan berakhiran huruf konsonan.

Saya yakin pasti teman-teman pemula masih kurang jelas mengenai prinsip dasar tersebut, oleh karena itu saya akan coba menggambarkan (untuk melihat perbedaannya) dalam bentuk tabel.

Bagaimana? Lumayan mengerti kan??

Jadi yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui kata dalam bahasa korea tersebut yang bisa kita temukan melalui kamus korea. Bagi teman-teman yang belum punya kamus korea, tinggal beli aja.. sekarang udah banyak kok toko buku yang menjualnya dan harganya pun terjangkau untuk saku anak-anak sekolah lah hehe. Selanjutnya kita tinggal menentukan akar kata korea tersebut, untuk menentukan akar kata kita hanya cukup membuang akhiran –da saja pada setiap kata dalam bahasa korea. Selanjutnya kita tinggal mengubah akar kata tersebut ke bentuk yang akan kita pakai apakah bentuk sopan formal, sopan informal, atau honorific (tata cara pengubahannya sudah saya jelaskan tadi ^^).

Nah, tahap terpenting supaya kita bisa membuat kalimat dalam bahasa korea telah saya bahas. Bagi teman-teman yang ingin bisa berbahasa korea wajib memahami prinsip dasar ini dengan baik.. jadi sebelum kita ke tahap selanjutnya silakan teman-teman pahami dulu bagian ini hihi

Setelah memahami prinsip dasar ini selanjutnya kita dapat membuat sebuah kalimat sederhana dalam bahasa korea dengan mudah.

Contoh 1:

Sita makan roti.

시타가 빵을 먹어요.

Sita-ga ppang-eul meogeoyo.

Contoh 2 :

Nenek pergi ke pasar.

할머니가 시장에 가세요.

Halmeoni-ga sijang-e gaseyo.

Kata yang dimiringkan adalah subjek, kita dapat mengetahui nya dari partikel penanda subjek yang ada pada kata tersebut, seperti Sita-ga dan Halmeoni-ga (nenek). Sedangakan untuk objek dapat kita cari dengan melihat partikel penanda objek, seperti eul atau reul. Dalam contoh 1 dapat kita ketahui bahwa ppang-eul (roti) adalah objek kalimat tersebut. Sedangkan dalam contoh 2 kita tidak dapat menenmukan objek karena tidak ada partikel penanda objek tetapi ada partikel penanda tempat atau waktu yaitu –e 에 dalam kata sijang-e (pasar). Kemudian yang selanjutnya kita dapat menentukan bahwa kata terakhir dalam masing-masing kalimat tersebut adalah kata kerja yang telah diubah polanya menjadi kata kerja sopan informal meogeoyo dan gaseyo yang masing-masing berasal dari kata meogda dan gada.

Ahh gimana lumayan kan hehe sebenarnya kalau kita perhatikan di drama-drama korea itu orang korea seringkali menggunakan kata seadanya tanpa pola kalimat yang terstruktur, bisa diibaratkan kayak orang-orang bule yang bicara bahasa inggris tanpa grammar. Misalnya nih eodi gaseyo? (mau pergi kemana?), nah mereka orang2 korea hanya cukup mengatakan eodi ga? *catatan tapi dilakukan jika percakapan antar orang yang seumur dan biasanya remaja-remaja.

Selanjutnya saya punya rumus untuk mengatakan A adalah B.

Rumusnya : A –ga/i + B –ieyo.

Contoh :

Sari-ga + haksaeng + -ieyo.

사리가 + 학생 + 이에요.

Sari adalah (seorang) murid.

tapi saya akan membahasnya lebih rinci pada postingan selanjutnya ya *ternyata cape juga ngetik ini hehe =_=’

감사함니다~

 
2 Comments

Posted by on July 31, 2011 in Korean Room

 

Tags: , ,

2 responses to “Lets Speak Korean :)

  1. Yeni Nur

    June 22, 2012 at 2:18 pm

    Wahhhhh bagus ne ,

     
  2. YS

    December 15, 2014 at 4:24 pm

    awesome can i have learn personally?🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: